twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kamis, 08 Desember 2011

Who Am I..? (From LKMM Pra-TD)

Jawabannya mungkin aku adalah Rezki Aditian, seorang mahasiswa ITS jurusan Sistem Informasi. Tapi bukan jawaban itu yang kumaksud, itu hanya jawaban singkat yang biasanya kujawab saat orang lain bertanya “siapa kamu?” kepadaku. Jawaban yang kumaksud ialah jawaban yang mendefinisikan jati diriku secara lebih pribadi.

Pertama, biar kukenalkan riwyat hidupku. Namaku Rezki Aditian, biasa dipanggil Rezki atau tian dan juga pernah dipanggil adit. Aku lahir di Surabaya tepatnya pada tanggal 10 Mei 1993. Aku sempat tinggal di Surabaya, tepatnya di Jemur Sari hingga aku berumur 3 tahun. Lalu aku pindah ke Sidoarjo, tepatnya Larangan Mega Asri. Aku masuk TK Kuncup Bunga saat umur 4 tahun, umur 6 tahun aku masuk SDN Pucang I Sidoarjo. Aku SMP dan SMA di pondok pesantren Al-Zaytun atau biasa disebut Al-Zaytun International School (AIS), aku belajar banyak nilai-nilai kehidupan disini. Setelah lulus aku memutuskan untuk mengambil Jurusan Sistem Informasi di ITS, aku masuk lewat SNMPTN tulis.
Setiap orang pasti diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan ini nantinya akan menimbulkan karakteristik khas dan menjadi jati dirinya. Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan secara tidak langsung mempunyai kewajiban untuk mengenal jati dirinya. Bagi manusia yang ingin hidup secara bahagia, mengenal jati diri merupakan harga mati yang tak bisa ditawar. Saat masih remaja aku sering bertanya-tanya, “ Siapa sebenarnya aku? Apa yang akan aku lakukan di masa depan nanti?” atau mungkin pertanyaan-pertanyaan lain mempertanyakan jati diri yang masih tercecer dimana-mana.
Jika aku bertanya pada diri sendiri,”Who am  i?” maka jawabanku,” I am just an ordinary people, who want to be an extraordinary people (Aku hanyalah orang biasa yang ingin menjadi orang yang luar biasa)”. Bila aku menginstropeksi diriku saat ini, aku hanyalah seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja. Setiap hari kerjaannya hanya ke kampus, kuliah, mengerjakan tugas, refreshing dan lain-lain. Tetapi, dibalik semua itu aku ingin menjadi orang yang luar biasa, setidaknya bisa berguna bagi orang lain, minimal untuk orang tua atau teman-teman yang aku punya. Ada salah satu hadis rasulullah yang berbunyi : ”Sebaik-baiknya manusia ialah yang berguna bagi orang lain.”  (HR. Bukhari). Bermanfaat disini maksudnya ialah bermanfaat dalam hal-hal yang positif.
Tiap orang harus memahami tipe orang seperti apakah kita ini, hal ini bisa menentukan apayang akan kita lakukan untuk impian serta cita-cita kita. Menurutku, aku adalah tipe orang yang realistis, tidak suka berkhayal yang terlalu tinggi dan terlalu berharap. Aku lebih suka sesuatu yang bisa benar-benar direalisasikan meski itu hanya sebuah hal yang menurut orang lain kecil, tapi bisa bermanfaat bagi diriku sendiri maupun bagi orang lain. Selain itu aku adalah tipe orang pemikir, sukadengan sesuatu yang tersistem, terstruktur dan berpola, tidak suka berargumen secara terbuka, kurang emosional dan menggunakan intelektualitas dalam menentukan benar dan salah.
Umumnya, jati diri kita bisa dikenali lewat hal-hal yang biasa kita lakukan. Salah satu hal yang aku suka adalah membaca. Kata orang membaca itu penting, dengan membaca maka wawasan kita akan semakin luas selain itu dengan membaca maka otak kita akan semakin terasah dengan informasi-informasi baru yang kita dapat dari membaca. Selain itu hal yang aku suka adalah bermain game, mengapa bermain game? Menurut penelitian, bermain game tidak hanya bisa menjadi hiburan, tapi juga bisa mengasah otak agar lebih berkembang, selain itu game juga melatih kepekaan, melatih problem solving, membuat orang berfikir lebih logis dan kreatif. Jadi salah bila orang mengatakan bahwa bermain game itu hanya bersifat negatif dan tidak bermanfaat sama sekali.
Selanjutnya hal yang perlu diketahui dalam pencarian jati diri ialah kelebihan dan kekurangan. Setiap orang di dunia ini diciptakan dengan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan, maka kita akan lebih paham bidang dan minat apa yang harus kita tuju dan ambil di masa depan nanti. Sedangkan dengan mengerti kekurangan kita,maka kita akan tahu hal-hal apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang kita miliki atau mungkin kita manfaatkan agar menjadi kelebihan kita, selain itu bisa kita gunakan sebagai acuan untuk menginstropeksi diri kita masing-masing.
Kelebihan yang aku punya mungkin kelebihan dalam berpikir cepat, berpikir logika dan problem solving. Sedangkan kekuranganku bila disebutkan satu persatu mungkin bisa menghabiskan berlemba-lembar kertas, kelemahan terbesarku adalah kurangnya percaya diri, bila berada di depan umum aku agak susah menyampaikan argumen yang aku punya. Begitu pula bila harus presentasi di depan orang banyak, aku jadi sering lupa dengan presentasi yang sudah kupersiapkan dengan baik.
So who am i? Aku tidak lebih dari seorang yang tidak sempurna karena manusia memang tidak ada yang sempurna, tapi aku berharap dari ketidak sempurnaan itu aku tidak akan berhenti untuk belajar menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan lagi, selama Allah masih memberikan aku waktu untuk hidup di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar