twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Minggu, 11 Desember 2011

Tipe Kepribadian.. Kamu yang Mana..?

Manusia merupakan makhluk yang unik, mereka punya macam-macam kepribadian. Emang apa sih itu kepribadian, menurut KBBI, kepribadian ialah sifat hakiki yg tercermin pd sikap seseorang atau suatu bangsa yg membedakannya dari orang atau bangsa lain. Menurut Wikipedia, kepribadian itu keseluruhan cara di mana seorang individu  bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat  yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.


Menurut dunia psikologis ada 4 macam tipe kepribadian, yaitu sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis. Di bawah ini saya akan menjabarkan sifat-sifat dari kepribadian ini dan cara menaklukannya :
1      1.Sanguinis
Biasa disebut “si tukang bicara”. Kepribadian yang menarik, suka bicara, menghidupkan pesta, rasa humor yang hebat, ingatan kuat untuk warna, memukau pendengar, Emosional dan demonstratif, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, lugu dan polos, mudah diubah, tulus, kekanak-kanakan. Kekurangannya terlalu cepat merasa bosan, termasuk dalam hal pekerjaan. Cepat kehilangan antusiasme, tempramen, egois, dan gampang lupa
Cara menaklukannya : Titik kelemahan kepribadian Sanguin adalah pujian. Hampir semua kegiatan yang mereka lakukan didasarkan oleh niat untuk mendapat pujian atau penghargaan dari orang disekitarnya. Baik itu pujian untuk karya-karyanya, hasil kerjanya, atau apapun yang ada pada mereka. Jika anda bisa memberikan penghargaan yang tulus kepada mereka, walaupun dalam bentuk kecil seperti tertawa saat mereka bergurau atau sekedar menjadi pendengar yang baik, anda akan memenangkan hati mereka.

.       2. Koleris
Biasa disebut “si pemimpin” atau “si pelaksana”. Biasanya orang tipe ini berbakat memimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja. Kekurangannya yaitu senang memerintah, cenderung berpikir negatif, pendendam yang kronik, hidup berdasarkan definisinya tentang hal-hal disekitarnya, dan selalu menilai sesuatu menurut logika.
Cara menaklukannya : Kepribadian Koleris tidak suka dikritik, dan sebaliknya sangat suka mengkritik orang lain. Inti sebuah perdebatan bagi mereka adalah kemenangan, bukan kebenaran. Jadi, jika anda terlibat dalam sebuah perdebatan dengan manusia model ini, jangan pernah mengkritik opini mereka. Jika anda tidak setuju, cukup kemukakan opini anda tanpa harus mematahkan argumentasi mereka. Jika anda berhasil menempatkan diri anda pada posisi netral, maka anda sudah memenangkan pertemanan mereka.

3       3. Melankolis
Biasa disebut “si perfeksionis” atau “si pemikir”. biasanya orang tipe ini mendalam dan penuh pikiran, analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistik atau musikal, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, penuh kesadaran, idealis. Tipe orang ini sangat berbakat menjadi musisi karena kepekaannya yang tinggi. Kekurangannya kurang cepat tanggap kepada hal-hal yang berbau humor sehingga memiliki kesulitan dalam pergaulan yang informal. Selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan membutuhkan persetujuan orang lain sebelum bertindak.
Cara menaklukannya : Manusia Melankolis seperti ini membutuhkan dukungan moral untuk hampir semua keputusan penting yang akan mereka ambil. Tidak sulit untuk memenangkan pertemanan mereka, karena yang mereka butuhkan hanyalah teman yang bisa terus ada disaat mereka sedang membutuhkan dukungan moral (yang sangat sering bila dibandingkan dengan orang-orang lain). Jadilah pendukung mereka, maka mereka akan menjadi “pasukan” anda.

4       4. Plegmatis
Biasa disebut “si pengamat”. Mempunyai kepribadian rendah hati, mudah bergaul dan santai, diam, tenang dan mampu, sabar, baik keseimbangannya, hidup konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, serba guna. Kekurangannya cenderung kurang memiliki antusias terhadap perubahan dan kegiatan baru, sering menghindari tanggung jawab, kurang disiplin dan motivasi.

Cara menaklukannya : Kepribadian Plegmatis tidak menyukai kepribadian orang lain yang sama pasifnya dengan mereka. Karena mereka lebih senang dipimpin daripada memimpin, yang mereka butuhkan adalah orang-orang yang lebih bisa mendominasi mereka (dengan kadar yang wajar tentunya). Anda tidak perlu membuang tenaga untuk memenangkan hati orang-orang Plegmatis karena mereka lebih senang mendengarkan dan memberikan anda nasehat. Jadikan mereka tempat curhat anda, adalah cari paling mudah memfondasikan pertemanan anda dengan mereka.

Nah, sudah dijelaskan tentang ciri-ciri 4 tipe kepribadian.  Setiap orang bisa mempunyai lebih dari satu macam kepribadian ini, tapi biasanya ada satu tipe yang lebih mendominasi. Dengan mengetahui tipe kepribadian, kita akan mampu menilai diri kita sendiri dan tahu hal-hal apa yang harus kita ubah dan tingkatkan. Yang penting, apapun tipe kepribadianmu, berusahalah untuk selalu berguna bagi orang lain.

Menurut kalian, kalian tipe yang mana? Untuk mencari tahu kalian tipe kepribadian yang mana, kalian bisa mencoba salah satu apps di facebook, nih linknya http://apps.facebook.com/kuistemperamen/ . Selamat mencoba...!!!

3 komentar: