twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Minggu, 06 November 2011

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Opini yang Baik?

Apa itu menulis? Menulis merupakan salah satu kegiatan untuk merepresentasikan sebuah informasi agar mampu dipahami oleh orang lain. Untuk menulis kita harus mulai membaca karena membaca akan mempengaruhi tulisan kita nanti, seperti kata pepatah “ Bacaanmu, pola pikirmu.”. Selain itu dengan membaca kita bisa mendapatkan penulis yang akan menjadi model cara menulis kita.
Setiap orang pasti punya idealisme-idealisme sendiri dalam menulis, namun idealisme ini tak boleh egois karena tulisan itu tetap berfungsi untuk menyampaikan informasi ke orang lain. Dengan kata lain kita sebagai penulis harus objektif, yaitu melihat dari sudut pandang pembaca tapi tanpa mengesampingkan idealisme tulisan kita. Selain itu kita juga harus memahami orientasi pembaca tulisan kita, semisal pembacanya remaja maka kita harus menyesuaikan dengan penggunaan kalimat-kalimat mereka.

Tulisan yang baik akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Berikut ciri-ciri tulisan yang baik :

1.       Menggunakan paragraf sederhana.
2.       Menggunakan kalimat baku dengan panjang kalimat maksimal 15 kata.
3.       Menggunakan SPOK.
4.       Menggunakan struktur tulisan problem-solusi atau sebab-akibat.
5.       Menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.
6.       Rinci dan detail tapi sederhana.

Selain itu dalam menulis kita harus menghindari penggunaan istilah-istilah asing,  jargon, singkatan dan akronim. Sebaiknya gunakan istilah-istilah populer yang mudah dipahami pembaca, jangan karena ingin terlihat pintar jadi menggunakan istilah asing kecuali “terpaksa”. Selain itu penggunaan hal-hal diatas juga membuat penyampaian informasi terhambat dan menjadi bias.

Setelah diberikan pengertian tentang menulis yang baik, berikut akan diberikan tips-tips untuk menjadi penulis opini yang baik :

1.       Buat kerangka tulisan.
2.       Kenali gaya bahasa media massa yang akan dituju.
3.       Buat judul yang menarik dan agitatif (mempengaruhi) positif.
4.       Sertakan data yang sederhana dan “menjual”.
5.       Banyak berlatih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar